Jumat, 28 November 2014

BAB 3 TIPE KOMUNIKASI

Kelompok sarjana komunikasi Amerika yang menulis buku Human Communication (1980) membagi komunikasi atas lima macam tipe yakni Komunikasi Antar pribadi(Intepersonal  Communication), Komunikasi kelompok kecil (Small Group Communication), Komunikasi Organisasi (Organizational Communication), Komunikasi Massa (Mass Comunication) dan Komunikasi Publik (Public Communication).

Joseph A. DeVito seorang profesor komunikasi di City University of New York dalam bukunya Communicology (1982) membagi komunikasi atas empat macam yakni Komunikasi Antar pribadi, Komunikasi Kelompok Kecil, Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa.

R. Wayne Pace dengan teman-temanya dari Brigham Young University dalam bukunya Techniques for Effective Communication (1979) membagi komunikasi atas tiga tipe yakni komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi antar pribadi dan komunikasi khalayak.

KOMUNIKASI DENGAN DIRI SENDIRI (INTRAPERSONAL COMMUNICATION)

Komunikasi dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri.. Terjadinya proses komunikasi disini karena adanya seseorang yang memberi arti terhadap sesuatu objek yang diamatinya atau terbentuk dalam pikirannya.

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI (INTERPERSONAL COMMUNICATION)

Komunikasi antar pribadi adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka, seperti yang dinyatakan R. Wayne Pace (1979) bahwa "interpersonal communication is communication involving two or more people in a face to face setting".

Menurut sifatnya, komunikasi antar pribadi dapat dibedakan atas dua macam, yaitu Komunikasi Diadik ( Dyadic Communication) dan Komunikasi Kelompok Kecil (Small Group Communication).

Komunikasi diadik adalah proses komunikasi yang berlangsung anatara dua orang dalam situasi tatap muka. Komunikasi diadik menurut Pace dapat dilakukan dalam tiga bentuk yakni percakapan, dialog dan wawancara.Percakapan berlangsung dalam suasana bersahabat dan informal. Dialog berlangsung dalam situasi yang lebih dalam. sedangkan wawancara sifatnya lebih serius.

Komunikasi Kelompok Kecil adalah proses komunikasi yang berlangsung antara tiga orang atau lebih secara tatap muka, dimana anggota -anggotanya saling berinteraksi satu sama  lainnya.

KOMUNIKASI PUBLIK

Komunikasi Publik adalah komunikasi pidato, komunikasi kolektif, komunikasi retorika, public speaking dan komunikasi khalayak. Apapun namanya komunikasi publik menunjukkan suatu proses dimana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khalayak yang lebih besar.

Komunikasi publik memiliki ciri interpersonal, karena berlangsung secara tatap muka tetapi terdapat perbedaan yang mendasar sehingga memiliki ciri masing-masing.

Ciri lain yang dimiliki komunikasi publik bahwa pesan yang disampaikan itu tidak berlangsung secara spontanitas, tetapi terencana dan dipersiapkan dari awal.

KOMUNIKASI MASSA (MASS COMMUNICATION)

Komunikasi massa dapt didefinisikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti radio, televisi, surat kabar dan film. Sifat pesannya terbuka dengan khalayak yang variatif baik dari segi usia, agama, suku, pekerjaan maupun dari segi kebutuhan.

Ciri lain komunikasi massa ialah sumber penerima dihubungkan oleh saluran yang telah di proses secara mekanik. Oleh karena itu, proses penyampaian pesannya lebih formal, terencana, terkendali oleh redaktur lebih rumit dengan kata lain melembaga.

Pesan Komunikasi berlangsung satu arah dan tanggapan baliknya lambat dan sangat terbatas. Selain itu sifat penyebaran pesan melalui media massa begitu cepat, serempak dan luas
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar